Negeriku Indah: Obyek Wisata Aceh Tenggara Negeriku Indah: Obyek Wisata Aceh Tenggara
Kenali Wisata Indonesia Indah – Salah satu kabupaten yang ada di Aceh adalah Aceh Tenggara, tempat ini memiliki banyak tempat yang bagus dan indah... Negeriku Indah: Obyek Wisata Aceh Tenggara

Kenali Wisata Indonesia Indah – Salah satu kabupaten yang ada di Aceh adalah Aceh Tenggara, tempat ini memiliki banyak tempat yang bagus dan indah yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung kesini. Daerah yang bersuku asli suku Alas ini beribukota di Kutacane. Hamparan Alam aceh tenggara yang di dataran tinggi dan juga sungai-sungai yang indah meliuk-liuk dibalik pegunungan yang menjulang tinggi.

Inilah beberapa tempat wisata yang menarik bila anda berkunjung ke Aceh tenggara. Semoga bisa menjadi referensi anda bila berada di Tanoh Alas tersebut.

1. Gunung Leuser

Gunung Leuser Aceh Tenggara

Negerikuindah.com – Gunung Leuser adalah gunung yang memiliki puncak tertinggi (3.404 meter) yang berada dalam kawasan taman nasional Gunung Leuser. Untuk mencapai puncak anda butuh waktu perjalanan 14 hari namun tergantung pula dengan stamina dari masing-masing anda. Treking ke puncak Leuser dimulai dari Desa Angusan, sebelah barat Blangkejeren.

2. Benteng Tugu Kutarih

Benteng Tugu Kutarih Aceh Tenggara

Negerikuindah.com – Benteng Kutarih berada di Kecamatan Bambel, Kabupaten Aceh Tenggara. Tragedi ini sendiri adalah bagian dari Perang Aceh-Belanda yang sangat panjang, Tragedi ini terjadi 110 tahun yang lalu atau pada tanggal 14 Juni 1904, di mana sebanyak 2.922 Rakyat Alas dibantai oleh pasukan Gotfried Coenraad Ernst van Daalen atas perintah Gubernur Militer Belanda di Aceh.

Korban yang mati syahid sendiri terdiri dari 1.773 laki-laki dan 1.149 perempuan (Menurut Asnawi Ali) Tnamun Menurut Kempes dan Zentgraaff korban lebih banyak lagi yakni berjumlah  4.000 orang. ini adalah genosida pertama yang di lakukan oleh Belanda diIndonesia.

3. Taman Nasional Tugu Leuser

Aceh Tenggara Taman Nasional Tugu Leuser

Negerikuindah.com – Taman Nasional Gunung Leuser adalah kawasan perlindungan flora dan fauna terbesar se-Asia Tenggara. Diperkirakan terdapat sekitar 3.500 jenis flora di taman nasional ini. Tumbuhan langka yang terdapat di dalam taman nasional ini antara lain dari jenis rafflesia yaitu Rafflesia Zippelni.

Kawasan taman nasional ini meliputi hutan rawa dipantai Barat Aceh hingga kawasan hutan lebat tropis yang berada di dataran rendah bagian tengah. Masyarakat dunia internasional menyebut Taman Nasional Gunung Leuser sebagai salah satu paru-paru dunia. Demi menjaga kelestarian flora dan fauna kawasan nasional ini, masyarakat Uni Eropa ikut mendukung pelestariannya.

Di taman nasional ini hidup 4 jenis hewan yang paling langka didunia yaitu harimau, badak, gajah dan orang utan. Diperkirakan terdapat sekitar 500 harimau, 100 badak dan 300 gajah berada di dalam kawasan taman nasional, disamping itu,  lebih dari 300 spesies burung.

Hewan yang paling mudah ditemui adalah monyet. Dengan ketinggian lebih dari 1.500 meter diatas permukaan laut menyebabkan hutan di kawasan nasional ini kaya dengan tanaman anggrek.

4. Air Terjun Lawe Dua

Aceh Tenggara Air Terjun Lawe Dua

Negerikuindah.com – Air terjun ini berada di Lawe dua, Kecamatan Bukit Tusam. Objek wisata ini belum dikelola dengan baik. Air terjun ini memiliki beberapa beberapa tingkat. Di lokasi air terjun ini anda bisa juga mencoba Tracking/Hacking seperti di Ketambe. Panorama alam yang masih alami akan anda rasakan dengan kehidupan makhluk hutan seperti monyet hutan, si amang dan masih banyak yang lainnya.

5. Tracking Ketambe, Taman Nasional Gunung Leuser

Tracking Ketambe, Taman Nasional Gunung Leuser

Negerikuindah.com – Alam Aceh Tenggara yang masih asri dan hijau sangat mendukung yang namanya Camping. Turut didukung dengan kehidupan flora fauna di Taman Nasional Gunung Leuser seperti Bunga Bangkai, Bunga “Rafflesia” yang merupakan jenis bunga yang terpopuler di antara 3500 spesies tumbuhan yang terdapat di kawasan ini dan kehidupan fauna, seperti kera ekor panjang, Orangutan sumatera, Harimau sumatera, Gajah sumatera, si amang, Badak sumatera dan lain-lain.
bila anda ingin menikmati suasana keindahan hutan dan kehidupan makhluk di hutan maka di ketambe tempatnya.

6. Arung Jeram Sungai Alas

Aceh Tenggara  Arung Jeram Sungai Alas

Negerikuindah.com – Sungai Alas merupakan satu dari 7 sungai terbaik untuk olahraga arung jeram di Indonesia. Mata air sungai Alas berasal dari Gunung Leuser dan bermuara ke Samudra Hindia. Arus Sungainya yang menantanya menantang adrenalin para pecinta rafting.

Sungai Alas dikelilingi panorama hutan asri Taman Nasional Gunung Leuser. Masyarakat Aceh Tenggara menyebut sungai Alas dengan Lawe Alas. Lawe dalam bahasa indonesia artinya air sedangkan Alas adalah nama suku asli Aceh Tenggara. Sungai Alas menjadi surga pecinta olahraga rafting.

Sebenarnya masih banyak tempat-tempat atau objek wisata lain yang indah dan mempesona di Aceh tenggara.